PENDAHULUAN
Masalah kepemimpinan merupakan masalah yang urgen dihadapi oleh bangsa Indonesia, terutama yang berhubungan dengan sistem pengkaderan. Munculnya fenomena kriris kepercayaan dan krisis kepemimpinan yang melanda negeri ini, harus menjadi bahan renungan dan pemikiran semua pihak untuk mengatasi persoalan tersebut. Salah satu solusi yang dapat dikemukan ialah membangun system pengkaderan yang terprogram dan terpadu. Sekolah merupakan salah satu sarana yang tepat untuk membangun sistem pengkaderan yang terpadu. Lingkungan sekolah dalam konteks wawasan wiyatamandala merupapak lingkungan yang kondusif untuk membentuk kader-kader pemimpin bangsa di masa depan. Lewat proses pembelajaran kontekstual, yang sedang digalakkan, pendidikan politik secara konseptual kepada siswa akan terasa sangat signifikan. Pemahaman dasar-dasar politik, organisasi, dan kepemimpinan di kalangan siswa perlu ditanamkan sejak dini. Hal itu penting dilakukan mengingat siswa merupakan generasi muda yang menjadi tumpuan dan harapan bangsa di masa depan. Wadah-wadah organisasi siswa yang ada di lingkungan sekolah perlu diberdayakan menjadi sebuah oragnisasi yang mampu mengembangkan bakat dan kemampuan leadership/kepemimpinan siswa. Dari dasar pemikiran tersebut, OSIS SMP Budi Utomo Perak Jombang memiliki tanggung jawab moral untuk membangun system pengkaderan yang terarah dan terpadu. Oleh karena itu, OSIS SMP Budi Utomo Perak bermaksud mengadakan system pengkaderan, yang tertuang dalam kegiatan bernama Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa OSIS SMP Budi Utomo Perak Jombang LANDASAN HUKUM Kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) SMP Budi Utomo Perak Jombang dilandasi oleh beberapa landasan hukum yaitu :
  1. Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang sistem Pendidkan Nasional
  2. Visi dan Misi SMP Budi Utomo Perak Jmbang
TUJUAN Adapun yang menjadi tujuan dari penyelenggaraan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa OSIS SMP Budi Utomo Perak Jombang , adalah:
  1. Menanamkan nilai-nilai demokratis diantara para siswa siswa
  2. Mengembangkan bakat dan kemampua siswa di bidang politik, organisasi, dan kepemimpinan
  3. Mencari dan mengembangkan kader-kader pemimpin muda yang memiliki jiwa keimanan, ketaqwaan, berdisiplin dan bertanggung jawab
NAMA KEGIATAN
Kegiatan yang diselenggarakan OSIS SMP Budi Utomo Perak Jombang Jawa Timur ini bernama Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) OSIS.

TEMA KEGIATAN
Kegiatan LDKS ini mempunyai tema sebagai berikut: “Dengan LDKS Kita Ciptakan Pemimpin yang Bertaqwa, Berdisiplin,dan Bertanggung Jawab”
WAKTU/TEMPAT KEGIATAN
Kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) diselenggarakan setelah selesai ulangan umum semester ganjil bertempat di SMP Budi Utomo Perak Jombang Jawa Timur

  ©Template by Suyono SMP Budi Utomo Jombang.