Perangkat ajar merupakan suatu media yang dapat digunakan untuk menyampaikan materi bagi seorang pengajar kepada siswa. Proses belajar dan mengajar tidak lepas bantuan alat atau dengan menggunakan suatu metode pembelajaran yang menggunakan aplikasi perangkat ajar berbasis multimedia. Aplikasi ini merupakan sebuah aplikasi yang menggunakan lebih dari satu media presentasi, yaitu : buku, papan tulis, OHP (projector) atau komputer, teks, suara, citra, animasi, dan video secara bersamaan dan melibatkan keikutsertaan pemakai atau user untuk memberi perintah, mengendalikan dan memanipulasi. Penyampaian materi umumnya dirancang dalam bentuk multimedia agar lebih memudahkan siswa dalam memahami materi baik dalam bentuk aplikasi desktop maupun berbasis web.

Kata kunci : Proses belajar mengajar, perangkat ajar, multimedia

1.        Latar Belakang
Perkembangan dunia informasi teknologi telah berkembang sedemikian pesat dan telah merambah pula ke dunia pendidikan. Perkembangan ini didukung pula oleh ketersediaan perangkat keras dan perangkat lunak, yaitu dengan penggunaan komputer. Komputer telah banyak dijadikan sebagai alat pengajaran dalam pendidikan.

Tujuan dari pembuatan perangkat ajar antara lain untuk meningkatkan semangat belajar siswa sehingga penyerapan materi semakin cepat dan siswa tidak merasa jenuh. Perangkat ajar ini dirancang bukan untuk menggantikan fungsi seorang pengajar, melainkan untuk membantu proses belajar mengajar yang sudah berjalan agar tidak monoton.

2.        Perangkat Ajar
Aplikasi penggunaan komputer untuk mendukung pengajaran dikelompokkan menjadi tiga antara lain :
a.    Computer Assisted Instruction (CAI)
b.    Computer Managed Instruction (CMI)
c.    Computer Literacy
(Sumber : Analisis Dampak Penggunaan Perangkat Ajar Berbasis Multimedia, Fakultas Teknologi Informasi Universitas YARSI, 2009)
Adapun komponen yang terlibat dalam pembuatan perangkat ajar ini ada tiga macam yaitu:
a.    Perangkat keras, berupa komputer dan pirantinya.
b.    Perangkat lunak yaitu berupa sistem operasi, perangkat lunak untuk mengembangkan modul dan modul program komputer untuk merepresentasikan materi (perangkat ajar).
c.    Perangkat manusia, dapat berupa pembuat atau pengembangan modul atau pemakai perangkat ajar.
(Sumber : Aplikasi Pembelajaran Teknik-Teknik Aikido Untuk Pemula Dengan Video Animasi 3 Dimensi, Library IT TELKOM Bandung, 2010)

Kriteria perangkat ajar yang baik adalah mudah dimengerti, memerlukan waktu belajar yang minimum dan bisa digunakan dari berbagai komputer pribadi.

Multimedia adalah penggunaan perangkat komputer untuk menampilkan dan mengkombinasikan teks, gambar, suara, dan video disertai dengan links dan tools yang memungkinkan penggunanya untuk mengontrol, berinteraksi, menciptakan sesuatu, dan berkomunikasi. Sedangkan media adalah tempat dimana informasi dapat bergerak atau mengalir.

Peran komputer di dalam dunia pendidikan dapat berupa :
a.    Tutor
Komputer harus diprogram oleh seorang yang ahli dalam pemrograman dan dalam bidang yang akan diajarkan.
b.    Tool
Komputer hanya memerlukan beberapa kemampuan yang berguna yang diprogramkan didalamnya.
c.    Tutee
Komputer itu sendiri harus diajar, mahasiswa yang menyediakan informasi sedemikian rupa untuk mengajar komputer agar dapat bereaksi sesuai dengan aspek-aspek pengetahuan yang berlaku.
(Sumber : Analisis Dampak Penggunaan Perangkat Ajar Berbasis Multimedia, Fakultas Teknologi Informasi Universitas YARSI, 2009)



3.        Analisis dan Perancangan
Use Case Diagram
Digunakan untuk menggambarkan user requirement dari sistem aplikasi perangkat pengajar.
Aplikasi Perangkat Ajar








 





























4.        Kesimpulan
Pembelajaran menggunakan aplikasi perangkat ajar berbasis multimedia dapat dikatakan lebih menekankan pada elemen yang terintegrasi dan berinterkasi pada beberapa jenis data dalam rangka meningkatkan kualitas proses belajar mengajar.

Daftar Pustaka
1.    Andleigh, Prabhat K. dan Thakrar, Kiran. 1996. Multimedia System Design. Prentice Hall International, Inc. New Jersey.
2.    Eka Desi, 2009, Analisis Dampak Penggunaan Perangkat Ajar Berbasis Multimedia, Fakultas Teknologi Informasi Universitas YARSI
3.    Hoffsetter, Fred. T.(2001). Multimedia Literacy. Third Edition. McGraw Hill Companies, Inc.USA
4.    Kearsley, Grey. (1983). Computer Based Training : A Guide To Selection and Implementation. Addison-Wesley Publishing Company, Reading. Massachusetts
5.    Rathbone, A.(1995). Multimedia and CD-ROMS for Dummies. Elex Media Komputindo. Jakarta
6.    Sevi Hara, 2010, Perangkat Ajar, disampaikan di Bandung
7.    Steinmentz, R. dan Nahrsted, K.(1995). Multimedia Computing. Communication and Application. Prentice Hall.
8.    Suparto Darudiato, 2006, Analisis dan Perancangan Aplikasi Perangkat Ajar Berbasis Multimedia, disampaikan pada Seminar Nasional Sistem dan Informatika, Bali
9.    Aplikasi Pembelajaran Teknik-Teknik Aikido Untuk Pemula Dengan Video Animasi 3 Dimensi, Library IT TELKOM Bandung, 2010
10.  William W. Lee, Owens Diana, Multimedia Berbasis Instructional Design
11.         * Mahasiswa Program Magister Kekhususan Keperawatan Jiwa Fakultas Ilmu Keperawatan Jiwa Universitas Indonesia, Angkatan V (2009/2010)

  ©Template by Suyono SMP Budi Utomo Jombang.